Category Archives: Sosok

Wujudkan Mimpi di KPK

“Bapak tahu koruptor?”

“Ya,” jawab seorang nelayan di Nusa Tenggara Timur itu, tegas. “Koruptor itu orang hebat. Kaya. Hidup mewah dan terkenal. Tiap hari masuk tivi. Nanti kalo anak saya sudah besar, saya suruh jadi koruptor saja!”

Heh?

 

Koruptor

 

Dialog ini nyata! Bukan buah pikiran gila saya. Adalah Mohamad Rofie Harianto, pegawai Fungsional Dikyanmas KPK yang mengalaminya pada suatu kesempatan di tahun 2011. Ngeri, ya?

Terima kasih pada media massa di seluruh Indonesia yang selama tahun 2012 saja mempublikasikan tak kurang dari 20.000 berita terkait korupsi. Dan sebagian besar, jika mau jujur, menampilkan wajah penuh senyum kemenangan dari para koruptor dari segala kelas. Dari yang mukanya buluk dan tembam seperti babi hingga yang cantik mulus seperti Angelina Sondakh. Lengkap dengan adegan sujud syukur dan lambaian tangan. Macam parade pemenang medali emas Olimpiade saja!

Rofie adalah teman kuliah saya. Sungguh mengejutkan bahwa dia, yang selama ini saya kenal sebagai seorang pengusaha bimbingan belajar yang sangat sukses, banting setir menjadi pegawai KPK. Ah, sungguh menarik!

Mari kita kuak apa alasannya dan bagaimana sesungguhnya wujud profesi uniknya ini. Yang sedang cari motivasi untuk kaya dan sukses dalam jenjang karir, sebaiknya tidak perlu lanjut membaca. Semua itu tidak ada dalam artikel ini. Silahkan ke blog tetangga.

Kamu bukannya sudah sukses di industri pendidikan sebagai bos Bimbingan Belajar?

Betul. Saya 12 tahun bekerja di Bimbingan Tes Alumni (BTA) yang cukup sukses di Jakarta, Serang, Bandung, Bengkulu, Bukit Tinggi, Banda Aceh, Mataram, dan beberapa kota besar Indonesia lainnya. Posisi terakhir saya di sana adalah General Manager.

Lalu kenapa banting setir jadi pegawai KPK? Saya tidak pernah dengar orang mendadak tajir setelah jadi pegawai di sana. Apa yang ingin kamu capai?

Sederhana saja. Saya berasal dari keluarga Betawi. Konsevatif. Kedua orang tua saya ingin saya aman. Mereka minta saya jadi PNS. Maka saya mendaftar ke KPK, yang pada tahun 2010 kebetulan sedang membuka lowongan melalui program Indonesia Memanggil ke-5 (IM5).

Tapi saya juga punya keinginan pribadi. Saya malu dan prihatin karena tingginya angka korupsi bangsa kita. Saya ingin berkontrobusi nyata menghilangkan itu semua.

Di Pontianak, Abraham Samad pernah mengajukan pertanyaan yang sama kepada saya. “Ngapain kamu masuk KPK?” katanya. Namun sebelum saya menjawab, beliau malah menukas, “Jawab nanti, 10 tahun lagi. Kamu bakal ngerti. Ini jalan yang sudah ditentukan Tuhan untuk kita.”

Jadi pegawai KPK di era ketika koruptor sangat kaya dan berkuasa seperti sekarang ini, apa hidupmu dan keluargamu tidak dalam bahaya?

Resiko dalam setiap pekerjaan pasti selalu ada. Ya, kita jalani saja.

Menangkap dan memenjarakan koruptor kan pekerjaan di ujung. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan korupsi kian menggila di negara kita?

Pada dasarnya, korupsi adalah kejahatan. Dan sebagaimana semua kejahatan lainnya di dunia, itu adalah buah dari perselingkuhan antara niat dan kesempatan. Persis seperti yang dikatakan oleh Bang Napi.

Niat bisa muncul dari kebutuhan atau keserakahan. Sementara kesempatan, lahir dari sistem yang buruk. KPK bekerja untuk mengedukasi semua orang agar niat korupsinya hilang, sekaligus memperbaiki sistem yang ada agar kesempatan untuk korupsi juga lenyap.

Dengan begitu banyaknya koruptor, apakah Indonesia masih bisa dan boleh berharap?

Harapan selalu ada. Namun, jujur saja, mustahil menghapuskan korupsi dari muka bumi. Yang dapat dilakukan adalah menekannya hingga ke tingkat yang paling rendah.

Kita perlu belajar dari negara tetangga. Mereka memberantas korupsi tidak hanya di level hukum, namun hingga ke level bahasa dan alam pikiran!

Orang China menyebut korupsi dengan “tanwu” yang artinya “keserakahan bernoda”. Di Thailand, korupsi disebut “ginmoung” yang maknanya adalah “memakan bangsa”. Sementara orang Jepang menggunakan “otsuko” untuk menyebut korupsi, yang artinya “pekerjaan kotor”.

Gantilah kata “korupsi” yang melangit dan tidak jelas maknanya ini dengan kata yang lebih nyata dan punya arti buruk, sehingga orang malu jika diasosiasikan dengan kata tersebut!

Sekarang banyak koruptor kelas kakap yang usinya muda. Sepertinya regenerasi mereka cukup baik. Apakah tidak ada upaya untuk memasukkan perlawan terhadap korupsi ke jiwa generasi berikutnya?

Sesuai amanat UU No 30 tahun 2002 pasal 13 huruf c, KPK sudah menyelenggarakan Pendidikan Anti Korupsi. Program ini intinya menanamkan 9 nilai kepribadian utama ke dalam diri siswa SD, SMP, dan SMA: jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil.

Saat ini program tersebut sudah berjalan di tak kurang dari 2.000 sekolah.

Format lain dari program ini juga akan segera diluncurkan yaitu dalam bentuk film, kartun, dan komik anti korupsi.

Ya, seluruh orang Indonesia yang waras pasti mendukung KPK! Semoga upaya pendidikan ini mampu melahirkan generasi yang lebih bersih dibanding generasi sebelumnya. Generasi gagal yang saat ini sedang bergelimang kekuasaan dan dosa. Amin!

Yoris Sebastian Bicara Tentang Industri Kreatif

Memangku jabatan General Manager di usia 26 tahun, Yoris Sebastian sampai hari ini adalah pemegang rekor sebagai General Manager termuda di Hard Rock Cafe untuk kawasan Asia. Di dunia, dia adalah yang termuda kedua.

 

 

Kini ia sudah keluar dari perusahaan internasional yang membesarkan namanya itu. Yoris kini aktif di perusahaannya sendiri, Oh My Goodness! (OMG!) Creative, sebuah perusahaan konsultan kreatif.

Bagi kamu yang berminat untuk terjun secara profesional di bidang industri kreatif, wawancara saya dengan Yoris berikut ini kiranya dapat menjadi sumber inspirasi. Atau setidaknya, penambah semangat dan keberanian kamu.

 

1. Sekarang mas Yoris kan bisnisnya jualan ide kreatif. Lebih susah mana, menciptakan ide kreatif atau menjual ide itu kepada klien? Apa alasan/penjelasannya?

Tentunya lebih susah menciptakan ide kreatif.  Apalagi ide kreatifnya harus out of the box dengan inside the box execution ideas.  Jadi bukan sekedar die gila-gilaan, namun harus ide kreatif yang meaningful.  Biasanya ide seperti itu lahir dari banyak ide jelek terlebih dahulu.

Kalau untuk menjual kepada klien, pertama saya tidak pernah jualan.  Biasanya klien yang cari saya atau OMG. Kedua, saat menjual ide ke klien, reputasi dan credibility yang berbicara.  Lagiula karena execute inside the box, saya sudah berpikir di sepatu klien sehingga lebih besar kemungkinan klien buy the idea 😉

 

2. Sepanjang karir mas Yoris, proyek ide kreatif apa yang dirasa paling berkesan dan “wah!”? Bisa tolong ceritakan sedikit?

Pastinya “I Like Monday”.  Karena selain hasilnya fenomenal dan bisa dibilang bisa dikenang sepanjang masa. Juga karena sebenarnya ide tersebut awalnya langsung ditolak saat saya usulkan di internal meeting.  Jadi proyek tersebut salah satu proyek yang sangat komplit karena ada penolakan, ada beberapa kegagalan kecil dan disertai banyak sekali kesuksesan untuk perusahaan, untuk musisi, untuk tamu dan tentunya untuk saya sendiri.  Biasakan bikin sesuatu yang menguntungkan banyak pihak. Jangan hanya menguntungkan perusahaan atau kita sendiri.

 

3. Belum banyak yang mengerti bisnis ide kreatif. Sebenarnya seperti apa sih alurnya, mulai dari pencetusan ide, menjualnya ke klien, hingga eksekusinya? Apa tantangan terbesarnya?

Sebenarnya ini bisnis consulting.  Kebetulan saja saya, Yoris Sebastian yang memilih agak unik, menjadi konsultan ide bisnis.  Nah, karena selama ini saya memang selalu kreatif makanya namanya OMG Creative Consulting.  Supaya hasilnya selalu Oh My Goodness alias never been done in the industry 🙂 Nah, alurnya mulai dari terima brief dari klien, lalu kami pikirkan secara internal di kantor, tim OMG bekerja, Saya akan memeriksa hasilnya, lalu kami akan present ke klien, nah pada saat eksekusi kami sebagai konsultan biasanya supervisi saja.

 

4. Saat ini di Indonesia, bidang apa yang paling kuat nuansa kreatifnya? Musik, media massa, teknologi informasi, EO, atau ada bidang lainnya?

Sebenarnya semua bidang perlu kreativitas.  Namun yang paling butuh adalah bidang yang sedang menurun sekali revenue-nya atau bidang yang sedang bagus sekali revenue-nya.  OMG Consulting handle bukan saja lifestyle and entertainment, juga handle media bahkan terakhir rumah sakit.  Semua bisnis perlu sentuhan kreatif supaya beda dari pesaing dan supaya lebih bermakna untuk customer dan bahkan karyawannya.

 

5. Saya beli dan baca buku Creative Junkies, dan isinya sangat menggugah. Apakah kreativitas itu sungguh-sungguh bisa dilatih hingga sampai ke level yang tinggi, tak peduli bakatnya ada atau tidak? Bagaimana cara praktisnya?

Terima kasih karena sudah membeli dan membaca buku Creative JunkiesYes, saya sangat yakin bahwa kreativitas bukan faktor bawaan.  Kreativitas bisa dilatih.  Bukti simple-nya, sudah sangat banyak pembaca buku CJ yang sukses karena menerapkan point-point yang ada di buku CJ. Salah satunya Holycow! Steakhouse by Chef Afit yang nantinya akan menjadi salah satu wajah baru di cover buku CJ updated edition.  Saya sengaja menampilkan semua wajah baru di cover baru buku CJ untuk menunjukkan bahwa buku ini tidak hanya memberi inspirasi tapi benar-benar menghasilkan orang kreatif yang bisa sukses sesuai kapasitas mereka masing-masing.

 

6. Apa proyek besar yang saat ini sedang ditangani oleh mas Yoris (jika berkenan untuk di-share sedikit)?

Saat ini kami di OMG sedang membuat konsep hotel di Gianyar Bali.  Kenapa Gianyar? Karena Kuta, Seminyak maupun Ubud sudah terlalu penuh, terlalu macet.  Selain berharap jadi trend setter untuk daerah Gianyar, hotel ini juga kami buat dengan konsep yang belum pernah ada di Bali sehingga (di atas kertas) akan punya kans untuk dijual dan dibiacarakan orang banyak.

Selain itu, kami sedang membuat sebuah business innovation concept untuk tim iklan harian Kompas. Tunggu sesuatu yang out of the box namun sangat Kompas akan hadir di akhir tahun ini atau paling lambat 1 Januari 2013.

 

Mantap banget, mas! Terus berkarya ya, agar industri kreatif Indonesia makin besar dan bisa jadi lahan pekerjaan bagi banyak orang!

Donzol: Hidup untuk Futsal

Pernah main futsal? Suka? Pernah membayangkan apakah orang bisa benar-benar hidup (cari makan, menabung, punya cukup uang untuk senang-senang, dan bisa bermartabat tinggi) murni dari futsal?

 

 

Nah, baca wawancara saya dengan salah satu pelatih futsal usia muda yang pintar, lucu, dan kadang kelewatan usil ini. Nama bekennya Donzol. Doni Zola. Zola-nya, tentu saja, dicomot dari nama legenda hidup Chelsea.

Menjadi pelatih futsal, lebih asyik duitnya atau kepuasan batinnya?

Jelas kepuasan batin! Hanya kebetulan duitnya lumayan, hehehe…

Sepanjang karir melatih, sudah melatih klub apa dan dimana saja?

Kalo klub cukup banyak. Tapi karir gua diawali dengan jadi pelatih SMAN 35 Jakarta. Gua terbiasa ngelatih klub medioker yang belum punya nama. Sempat ngelatih M41 yang jadi juara U-21 TV ONE CUP 2009 (disiarkan langsung di TV ONE) dan sekarang ngelatih klub My Futsal Jakarta. Kalo (klub) kota lain: AMFC (juara Jossdiator) dan BANK SUMUT (Medali Emas Porseni Antar Bank Daerah 2011), keduanya di Medan. Selain itu ada juga Rafhely (Padang), BSC (Palangkaraya), Victory (Solo), Voda Prima (Kupang) dan beberapa klub kecil Jakarta.

Prestasi kepelatihan paling berkesan selama ini apa? Ceritain dong!

Membawa tim Pra-PON SUMBAR lolos PON dan jadi juara PIALA EMAS 2011 dengan materi pemain-pemain lokal Sumatera Barat.

Jika ingin hidup layak dari futsal, sebutkan urutan profesi (dari yang terbesar) dilihat dari potensi pendapatannya!

Pemilik lapangan futsal, pembuat lapangan futsal, pelatih profesional, pemain profesional, EO futsal, lalu pemilik toko olahraga futsal.

Dua tahun kedepan, futsal Indonesia (amatir dan profesional) akan berkembang, jalan di tempat, atau mundur? Kenapa?

Jauh lebih berkembang! Di daerah (luar Jakarta) orang sudah memainkan futsal dan lapangan futsal sangat menjamur. Selain itu, untuk (penduduk) kota besar seperti Jakarta dimana lapangan sepakbola mulai habis, futsal bisa jadi alternatif untuk menyalurkan hobi bermain sepakbola.

Tipe pemain apa yang paling asyik dilatih? Tipe apa yang  paling menyebalkan?

Yang asik: pemain yang punya kemauan untuk maju lebih besar dari kemampuan bermain futsal yang sudah dimiliki. Yang nyebelin: pemain yang udah puas dengan apa yang sudah mereka raih.

Apa bakat utama dari seorang pemain futsal yang tidak bisa dilatih?

Bakat malas! Pemain futsal itu selalu bergerak. Tidak harus selalu lari-larian, namun bisa melakukan pergerakan yang efektif. Mereka yang malas, ga cocok main futsal!

Taktik bola mati dalam futsal mana yang paling keren menurut kamu, dan kapan (dalam event resmi) pernah diterapkan dan berhasil?

Gua suka mainkan beberapa set piece. Biasanya adopsi dari pertandingan-pertandingan luar negeri atau video di YouTube. Sering berhasil kok! Karena gua percaya sesuatu yang direncanakan (well planned) itu akan lebih baik hasilnya.

Taktik bola hidup dalam futsal mana yang paling keren menurut kamu, dan kapan (dalam event resmi) pernah diterapkan dan berhasil?

Semua taktik keren kok! Punya kelebihan dan kekurangan. Tapi satu hal yg harus diketahui: kita harus menyesuaikan taktik dengan karakter pemain kita. Bukan memaksakan pemain kita memainkan karakter yg tidak mereka sukai.

Mau jadi pelatih futsal sampai tua atau mau banting setir?

Gua mau punya sekolah. Sejenis asrama untuk usia SD-SMP-SMA. Muridnya diseleksi untuk mendapatkan beasiswa. Gua mau jadi kepala sekolahnya 🙂

OK. Good luck dengan mimpi besarnya! Semoga futsal semakin jaya di negeri kita!