Kedai Kopi: Ladang Coffee

Ruang merokok dan tidak merokok dipisah dengan jelas, menggunakan pintu geser yang dapat ditutup sepenuhnya. Fitur itu saja, sebenarnya, sudah cukup untuk membuat saya jatuh cinta pada kedai kopi nyaman yang tenang di sudut Cilandak, Jakarta itu. Namanya Ladang Coffee. Alamat lengkapnya adalah di Jl. Paso 168, kelurahan Jagakarsa.

 

Ladang Coffee (foto oleh Sony Alonso dan Bayu Embul)

 

Ladang Coffee adalah usaha kedai kopi yang dimulai di Surabaya. Sang pemilik memang memiliki visi menyediakan kedai kopi yang nyaman sehingga ruangan kedai dibuat terasa lapang. Jarak kursi (dan meja) cukup lega satu dengan lainnya.

Baik di Surabaya maupun di Jakarta, Ladang Coffee tidak mendirikan satu pun kedai di kawasan mal. Alasannya sederhana: di mal, yang dominan adalah nuansa terburu-buru dan bising, sehingga visi kedai kopi yang nyaman tidak mungkin diwujudkan.

Nuansa kopi dan kesan jadul lekat di kedai ini. Meja kaca dihias dengan biji-biji kopi mentah. Begitu juga pajangan di dinding. Beberapa mesin giling manual jadul ukuran kecil dipajang di meja panjang, bersama toples-toples besar berisi berbagai jenis biji kopi, termasuk kopi luwak.

Koleksi single origin Ladang Coffee juga cukup bisa diandalkan. Sidikalang, Gayo, Bali Kintamani, Toraja Kalosi, hingga Java Djampit tersedia disana.

Saya sendiri belum sempat mencicipi racikan single origin mereka yang disajikan dengan metode seduh French press. Hanya sempat mencicipi cappuccino-nya saja. Lumayan enak.

Yang asyik, selain koleksi single origin yang cukup beragam itu, adalah luasnya pengetahuan pelayan kedai. Mereka cukup mengerti soal asal biji kopi yang dijual disana. Juga cara penyajian, penggilingan, hingga mitos-mitos seputar pengolahan biji dan bubuk kopi untuk mencapai hasil seduhan yang maksimal.

Ah, seandainya Cilandak dan Bintaro tidak terlalu jauh dan macet, barangkali setiap hari saya akan nongkrong di Ladang Coffee!

5 thoughts on “Kedai Kopi: Ladang Coffee”

  1. Ladang coffee ada di 3 tempat di jakarta :
    1. Ladang Coffee Tebet
    Jl. Tebet Barat (satu gerai dengan Dapur Cokelat)
    2. Ladang Coffee Alam Sutera
    Ruko Town Center (satu gerai dengan Dapur Cokelat persis di depan living world alam sutera)
    3. Ladang Coffee Paso
    Jl. Paso 168 – Jagakarsa (depan sekolah cita buana)

    Kalo di surabaya di Jl. Billiton (satu gerai dengan dapur cokelat, dekat pom bensin)
    Kalo di malang di jl. Guntur – oro oro dowo

    Cobain dech, gak bakal nyesel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *