RVM dalam Format “PDF on Demand”

Paket PDF on Demand (RVM3 & RVM4)
Paket PDF on Demand (RVM3 & RVM4)

Digital publishing, tidak sekeren namanya, ternyata sungguh penuh liku dan jebakan Batman. Rearview Magazine (@RVMagz), majalah komunitas Pearl Jam Indonesia, memahami betul lika-liku dan jebakan itu.

Dua kali terbit dalam format digital di SCOOP dan Wayang Force, @RVMagz menanggung resiko yang sejak awal memang sudah ditimbang masak-masak: kehilangan audiens! Ya, dibanding edisi 1 dan 2 yang terbit dalam format cetak, edisi 3 dan 4 yang hanya hadir dalam format digital boleh dibilang kehilangan banyak sekali audiens.

Kok bisa, ya? Bukankah edisi digital lebih murah (karena pembeli tidak dibebani biaya kirim) dan mudah aksesnya?

Alasannya sangat sederhana: sebagian besar orang rupanya masih sangat terikat dengan kepemilikan benda fisik. Membaca majalah digital dari gadget dinilai jauh sekali kepuasannya dibanding membaca majalah cetak yang bisa dipegang, dan yang terpenting, sepenuhnya dimiliki oleh pembeli.

Apakah kemudian @RVMagz kembali menerbitkan edisi cetak? Tentu saja tidak! Seperti sudah dijelaskan di pengantar edisi kegita, format digital jadi pilihan karena selain ramah lingkungan, biaya produksinya juga jauh lebih murah dibanding cetak.

Maka lahirlah terobosan nekat dalam bentuk “PDF on Demand” yang merupakan plesetan dari “Print on Demand”. Model distribusi ini boleh dibilang barbar. Pembeli mendapatkan file PDF dari edisi @RVMagz yang dibelinya melalui transaksi e-mail.

Saat ini hanya 1 paket yang ditawarkan. Dalam paket ini termuat dua edisi @RVMagz yaitu edisi 3 dan 4 dengan total volume mencapai 100 halaman. Bagaimana prosedur pembeliannya?

  1. Transfer ke rekening BCA 0120112279 a/n Eko Prabowo sebesar Rp.35.000
  2. Kirim bukti transfer ke ekowustuk@gmail.com
  3. Tunggu kiriman file PDF @RVMagz edisi 3 dan 4 di e-mail

Sederhana, bukan? Bagi kamu yang ingin memiliki edisi @RVMagz tersebut, silahkan langsung mengikuti langkah pembelian tadi. Selamat membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *