Sampul #BukuGrungeLokal

Front and Back Cover Buku Grunge Lokal
Front and Back Cover Buku Grunge Lokal

Ketika pertama kali mendapat kiriman desain sampul #BukuGrungeLokal ini, saya nyaris menangis! Sungguh! Sosoknya sangat menggetarkan. Artistik, berhasil merangkum isi buku dengan baik, dan sangat personal. Diatas segalanya, itu adalah hasil kolaborasi dari banyak sekali bakat luar biasa di sekitar saya. Bangga!

Ilustrasi sampul buku ini dibuat oleh Davro (@drawvro), sementara desain dan tata letaknya diatur oleh Rudi (@iduridur). Foto, baik yang dijadikan landasan ilustrasi maupun yang tampil di sampul belakang, adalah karya dari Bobo (@si_bobo), Adi (@aditamtomo), dan Amus (@muslimagus). Sementara wajah saya yang terlihat separuh berasal dari video bikinan Topang (@wowadit).

Sampul depan #BukuGrungeLokal juga merupakan gambaran isi buku secara keseluruhan. Termuat di sampul itu adalah kisah yang saya tuturkan atau tampil sebagai foto tunggal di halaman 89, 90, dan 172.

Proses pembuatan sampul #BukuGrungeLokal, dibanding penyusunan isi buku dan tata letaknya, bisa dibilang alot. Beberapa kali ganti konsep dan sket serta beberapa minggu lewat dari tenggat waktu yang telah disepakati, sampul buku ini pada akhirnya lahir sebagai sebuah karya seni yang, menurut saya pribadi, sangat memuaskan.

Semua berawal dari pertemuan saya, Rudi, dan Davro di tepi kolam renang Cilandak Town Square pada suatu Sabtu pagi. Ya, kolam renang! Sangat tidak rock n’ roll, ya?

Pagi itu kami memantulkan ide tentang konsep sampul buku dan menetapkan tenggat waktu. Kenyataannya, dalam perjalanannya, konsep tersebut setidaknya dua kali direvisi sebelum akhirnya saya memutuskan untuk menyerahkan segala keputusan sepenuhnya pada Davro.

“Udah, Dav, gua percaya sama insting dan daya kreasi lo aja,” begitu saya putuskan, sekitar satu bulan yang lalu.

Hasilnya? Hmmm… Kick ass!!!

Oh, ya! Pre-order edisi cetak #BukuGrungeLokal saat ini sudah ditutup karena sold out (padahal bukunya sendiri masih ngantri di mesin print-on-demand, hihihi…). Bagi yang berminat beli atau sekedar mendukung edisi cetak selanjutnya, bisa memberikan dukungan di crowdfunding Wujudkan.com ini: Crowdfunding #BukuGrungeLokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *