Untuk Musisi yang Menginspirasi

Kolase Buku Grunge Lokal

Bagi saya, dan barangkali generasi ‘90s lainnya, musik adalah sesuatu yang penting. Saya tidak menganggapnya sebagai latar belaka. Nuansa bunyi dan makna menjadi utama. Bagi saya, musik nyaris adalah segalanya.

Tentu saja dunia kemudian berubah. Teknologi digital mengubah cara dunia menikmati musik. Dan sialnya, setidaknya menurut pemahaman saya, teknologi digital menceburkan musik ke kasta yang sangat rendah. Meniadakan arti pentingnya bagi kehidupan. Menjadikan musik sekedar sebagai produk. Sabagai barang dagangan.

Musisi, jelas menderita. Sebagian mungkin menjadi lebih kaya. Namun, sebagian besar menjadi kehilangan makna.

Musisi, diterjang badai teknologi digital, menjadi pedagang. Bukan pembawa cahaya terang. Bukan pemberi inspirasi bagi jiwa-jiwa muda yang sedang bertarung dalam gelap.

Namun saya menolak itu semua. Saya sudah cukup usia untuk memahami musik seperti apa yang saya suka. Musisi seperti apa yang layak saya tonton konser-konsernya. Dan sungguh beruntung, saya punya grunge!

Dan inilah dia, upaya penolakan paling keras yang bisa saya lakukan: menulis buku tentang musik yang benar-benar saya cintai. Tentang grunge. Tentang orang-orang yang tetap bermusik meski seluruh dunia sudah melupakan mereka. Tentang konser-konser tangah malam yang membakar jiwa dan melahirkan kita kembali sebagai individu baru. Tentang makna sesungguhnya dari rock n’ roll!

Untuk para musisi, saya menghaturkan terima kasih. Percayalah, bagi saya, dan juga banyak orang lainnya, musik kalian tidak berhenti di CD atau MP3. Lagu-lagu itu mengalir terus di dalam pembuluh darah dan menjadi bahan bakar bagi jiwa.

Buku ini mengabadikan musik dan inspirasi yang kalian berikan ke dalam bentuk lain. Ke wujud lain yang bisa menelusup ke sudut-sudut kehidupan yang lebih luas. Kepada audiens yang barangkali sebelumnya tidak terjangkau.

Untuk itu, buku ini perlu dicetak. Untuk mencetaknya, hadirlah Wujudkan.com, wadah bagi para pekerja kreatif yang ingin mewujudkan impiannya bersama banyak orang. Berkunjunglah, pelajari, dan barangkali, jika terbersit inspirasi di dalamnya, turutlah memberikan donasi di sini: http://wujudkan.com/project/Buku-Grunge-Lokal/view

Terima kasih.

2 thoughts on “Untuk Musisi yang Menginspirasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *