Navicula Menggila di @America

PhotoGrid_1432088087666

Satu atau dua rock band terbaik di dunia, berkebalikan dari fitrahnya yang hingar bingar, justru dikenang sepanjang masa karena suguhan akustiknya yang demikian transenden hingga melampaui batas bunyi dan makna. Siapa yang bisa melupakan pesona Eddie Vedder dan Kurt Cobain dalam dua konser akustik berbeda besutan MTV? Penghujung “Black” dan “Where Do You Sleep Last Night” adalah momen ketika pertunjukan musik terangkat ke langit lalu menyusup masuk ke relung hati yang paling rahasia.

Dua dekade kemudian, kita punya Navicula. Setelah 7 album dan berkali-kali digilas kenyataan, mereka memutuskan untuk menyuguhkan 8 lagu yang sepenuhnya akustik di album ke-8 mereka, “Tatap Muka”.

Navicula, nenek-nenek mau beranak juga tahu, adalah rajanya distorsi. Di lubang neraka yang sempit dan pengap atau di panggung besar nan megah, mereka selalu menghantam dengan gelombang distorsi yang keras namun harmonis. Larut dalam konser-konser mereka rasanya seperti membiarkan ombak besar menggulung diri kita. Tiba-tiba kamu tersadar dan mati, lalu terlahir kembali sebagai seorang fan.

Kenapa akustik dan dalam format video? Tanya saja sendiri ke mereka.

Satu hal yang pasti, screening sealbum penuh “Tatap Muka”, talk show, dan live performance mereka semalam (19/5) di @America sungguh luar biasa mempesona. Itu, jika kamu mau tahu, adalah salah satu suguhan konser rock akustik terbaik yang pernah saya tonton secara langsung.

Di tangan mereka yang sarat bakat, suguhan akustik tidak menjadi lemah. Tidak serta merta jadi menye-menye. Sebaliknya, musik mereka terdengar lebih bertenaga dan sangat dinamis. “Tatap Muka”, saya duga, akan sampai ke spektrum audiens yang lebih lebar dari sekadar penggemar grunge dan pada saat bersamaan menjadi pencapaian bermusik yang signifikan bagi Navicula.

Sudah, ah! Gak sabar pengen nonton konser akustiknya lagi di Paviliun 28, Jumat 22 Mei 2015 ini. Hey ho, let’s gooo…!!!

2 thoughts on “Navicula Menggila di @America”

    1. Nyahaha… Serius, mas. Sebagai musisi yg akustiknya ciamik juga (bareng PT, SW, atau NXCS) lo KUDU NONTON

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *