Aku Keluar di Dalam!

Navicula di Lake Stage (foto oleh Danudika)
Navicula di Lake Stage (foto oleh Danudika)

Sudah sejak lama saya berharap Robi mengurangi porsi orasinya (yang lebih terasa seperti ceramah satu arah) di panggung dan menggantinya dengan satu atau dua lagu tambahan. Namun, setelah melihat aksi panggung Navicula di Lake Stage dalam Synchronize Festival semalam (30/10), kemungkinan saya harus memendam dalam-dalam harapan itu. Robi, dengan segudang pemikiran di kepalanya, sepertinya akan terus nyerocos di setiap kesempatan yang ada.

Biarlah. Setidaknya di Kemayoran tadi malam musik mereka kick ass dan meledak sempurna.

Delapan lagu yang mereka bawakan sungguh ciamik. Everyone Goes to Heaven, Aku Bukan Mesin, Mafia Hukum, Orangutan, Busur Hujan, Saat Semua Semakin Cepat Bali Berani Berhenti, Refuse to Forget, dan Metropolutan mengalir buas. Didukung oleh tata suara mumpuni, Navicula sukses menghadirkan suguhan konser rock sesungguhnya. Konser yang energik sekaligus apik. Liar namun sepenuhnya bisa dinikmati.

Dan Dankie, diberkatilah jiwa dan gitar barunya, bermain sepenuh hati. Solo guitar-nya di Mafia Hukum, Orangutan, dan Busur Hujan terasa manis mencabik langit Kemayoran yang pengap namun enggan hujan.

Belakangan ini Robi boleh dibilang jadi media darling. Beberapa bulan lalu dia terpilih jadi Sosok of The Month di Harian Kompas dan jadi salah satu Asia Young Leaders yang digelar Asia Society. Dengan posisi sosialnya itu – kita bicara soal pengaruh dan sumbangsih pada komunitas, bukan jumlah kekayaan – Robi jelas punya banyak agenda. Juga kewajiban. Maka wajarlah kalau dia kemudian malah tambah banyak nyerocos di depan publik. There goes my not-so-secret-dream. Ha!

Namun demikian, bukan Robi namanya kalau tidak bermulut mesum. Di tengah distorsi dan gemuruh drum pada pengujung lagu Metropolutan yang legendaris, dia memelintir lirik lagu karangannya sendiri dan meneriakkan: “Aku keluar di dalam!” What the fuck!

Delapan lagu jelas tidak mencukupi. Saya ingin lebih. Seribu lebih penonton yang setia menikmati suguhan sarat energi Navicula di bibir panggung Lake Stage tentu setuju. Maka ketika Robi mengumumkan bahwa Navicula akan memainkan long set dalam gig di Noname Bar, Poins Square Lebak Bulus, Selasa 1 November 2016 mendatang, saya mendadak lega. Yihaaa!

Sampai jumpa di kegilaan tengah malam. Sampai jumpa di lubang neraka berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *