DDH Rilis Lagu Terkait Korona Berjudul “KULMINASI II”

Sejak kali pertama mendengar langsung dari mulut Dadang cerita sesungguhnya di balik lagu “Pohon Tua Bersandar”, saya paham bahwa Dialog Dini Hari (DDH) memang punya cara unik yang sakti untuk mengubah kisah pahit hidup menjadi lagu yang indah. Di tangan mereka, nasib buruk tidak lahir menjadi dendam, melainkan doa.

Kali ini pun sama saja. Ketika wabah korona melanda Indonesia dan sudah mencabut tak kurang dari 113.000 nyawa manusia di seluruh dunia, mereka merilis single anyar berjudul “Kulminasi II”. Tidak mungkin salah dipahami, lagu itu bercerita tentang hidup kita yang mendadak berubah gara-gara korona. Langit jadi biru, jalanan mencekam, jendela terbuka, rumah ibadah ditutup. Sebuah gambaran mengerikan betapa kehidupan berbelok ke arah yang kita tidak tahu ujungnya.

Tapi coba tengok liriknya. Dadang, dengan nada megah menyanyikan “manusia bernyanyi menghibur lainnya/ manusia bersujud berdoa ‘tuk lainnya”. Alangkah indahnya! Bait itu dengan tepat menangkap kekuatan kemanusiaan yang memang hanya bangkit saat tertekan keadaan.

Yang membuat saya terkejut gembira, di single anyarnya ini, DDH menyuguhkan porsi gitar listrik. Ya, betul! Tidak ada lagi batas kaku folk/blues yang mengharuskan aransemen gitar akustik. DDH, seperti juga kita semua yang sedang berjuang menghadapi wabah korona, seperti membebaskan dirinya dari keterbatasan. Dari kekangan. Menuju arah bunyi yang sama sekali baru.

Kalau “Kulminasi II” ini ternyata merupakan cetak biru album baru DDH, saya pribadi akan menyambutnya dengan gembira. Sangat gembira. Mengikuti perjalan musik mereka sama nikmatnya seperti mengikuti kehidupan itu sendiri. Mengalir tak terduga. Berbelok dengan berani. Namun tetap setia pada inti dari semua, bahwa tujuan seni adalah menggetarkan jiwa. Bahwa dalam setiap lagu termuat doa.

Dan tepatlah kiranya bait ini jadi penutup lagu “hari ini kita paham tentang kematian/ tapi cinta terus tumbuh kembali di kehidupan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *