Cupumanik Rilis Single Anyar “Yang Kan Terjalani”

Siapa pun yang pernah jatuh hati pada album perdana Cupumanik (rilis 2005) dipastikan bakal suka single teranyar mereka yang berjudul “Yang Kan Terjalani” (rilis 2020). Apa pasal? Dalam single itu termuat semua yang sebelumnya jadi ramuan maut Cupumanik: lagu manis yang nyaris terdengar syahdu, lirik serius nan puitis, permainan instrumen yang harmonis, dan vokal yang terdengar seperti lelaki kesepian yang baru saja dihantam badai kehidupan. Ramuan yang anehnya mereka lupakan saat menyusun album kedua (Menggugat, 2014).

Barangkali saat itu mereka kehilangan Rama. Atau mungkin Che sedang kepengin marah-marah. Entah.

Tapi “Yang Kan Terjalani” jelas jadi bukti bagaimana indahnya Cupumanik kalau hadir secara utuh. Dan kita bisa cermati – juga nikmati – betapa sesungguhnya Che bisa bernyanyi dengan cara yang sama sekali berbeda.

Saat ini kita masih terperangkap dalam badai korona. Belum ada titik terang sedikit pun. Manusia seperti dipaksa untuk mengurung diri di rumah dan banyak merenung. Tentang hidup, relasi, dan tentu saja tentang dirinya sendiri. “Yang Kan Terjalani” terasa pas sekali, karena lagu itu memang bicara soal relasi manusia. Tentang cinta.

“Biar/tumbuh liar dalam kalbuku/kutunggu kau jinakkan hasrat/tentang dirimu/” begitu Che berulang menyanyikan chorus. Sesekali pelan, sesekali kuat. Nyaris tercekat.

Dalam balutan bunyi yang disuguhkan Cupumanik kali ini, penggalan lirik itu terdengar seperti bisik lirih lelaki yang memasrahkan hatinya. Berhadapan dengan cinta, lelaki memang hanya bisa pasrah. Tidak ada satu pun kekuatan yang bisa memaksakan cinta. Biarkan saja cinta tumbuh dengan kekuatannya sendiri.

Biar… biar…

One thought on “Cupumanik Rilis Single Anyar “Yang Kan Terjalani””

  1. Wah udah lama ga denger kabar dari band ini, ternyata punya album baru di 2020 ini. Che dkk menemani masa gerang grunge saya ketika SMA dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *