Endah N Rhesa Rilis Single Baru Berjudul “SSSLOW”

Dalam lagu “Liburan Indie” yang dirilis pada 2015, Endah N Rhesa (EAR) melantunkan lirik unik nan asyik berisikan banyak sekali nama musisi Indonesia. Saya tidak tahu mana yang indie dan mana yang bukan. Rasanya itu tidak terlalu masalah, meski judulnya memang jelas bicara soal indie. Dalam lirik itu termuat Sir Dandy, Trio Lestari, Efek Rumah Kaca, Navicula, SID, dan masih banyak lagi.

Tepat 5 tahun kemudian, dalam masa wabah Covid-19 yang bikin pusing dan bahkan sekarat banyak musisi Indonesia, EAR merilis single baru yang isinya adalah judul-judul lagu dari berbagai musisi dunia. Siapa saja musisi yang mereka masukkan? Ini daftarnya: Johnny Nash, Cindy Lauper, Aerosmith, Ben E King, Lionel Ritchie, AHA, Phil Collins, The Beatles, Boys II Men, Bob Dylan, Alanis Morissette, EAR, Celine Dion, dan The Carpenters. Supaya seru, silakan cocokkan sendiri nama-nama musisi ini dengan judul lagu mereka di klip musik “SSSLOW” yang baru saja dirilis pada 21 Mei kemarin.

Mengamati EAR dari dekat (sejak saya menulis buku tentang karier musik mereka), saya memahami bahwa baik Endah maupun Rhesa selalu punya pertimbangan panjang dan matang tentang karya yang mereka rilis. Mereka bukan tipe musisi yang merilis musik apa adanya dan berharap audiens mau menerima. Jauh sekali dari itu. Jadi saya tidak heran kalau kemudian komposisi musisi yang dicomot pun dibuat demikian berimbang antara perempuan dan pria. Silakan dicek.

Di tengah hantaman wabah Covid-19 yang tak kunjung reda ini, kehadiran lagu-lagu baru dari musisi menjadi penghiburan tersendiri. Lagu-lagu mereka, selain enak didengar, juga seperti menyisipkan pesan lembut tentang harapan. Tentang keinginan dan kemampuan untuk terus melanjutkan hidup. Hidup kita semua yang demikian berharga.

Apa pun itu, pertanyaan saya sebenarnya cuma satu: kemoceng dalam klip lagu ini sebenarnya menyimbolkan apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *