Kedai Kopi: Javva Coffee

Bacang telur asin ukuran jumbo dan kopi Encek yang keras menantang. Itu adalah menu yang layak dicicipi jika kamu berkesempatan mampir ke kedai kopi mungil di Jl. Senopati 71-73, Jakarta Selatan. Nama kedainya Javva Coffee.

 

Javva Coffee (foto diambil dari Cikopi.com)

 

Kopi Encek pada dasarnya adalah kopi susu. Rasanya tidak beda jauh dibanding Vietnamese coffee. Menggunakan jenis kopi Arabika atau Robusta, silahkan pilih sendiri.

Namun harap dimaklumi bahwa racikan kopi Encek menggunakan bubuk kopi 3 kali lebih banyak dibanding racikan kopi biasa, sehingga kafeinnya juga berlipat ganda. Jika tak ingin kena serangan naiknya debar jantung secara mendadak, sebaiknya pilih kopi Encek dengan jenis Arabika saja.

Bagi saya, Javva Coffee punya cerita dan nilai tersendiri. Di kedai inilah pertama kali saya mengenal metode seduh pour-over. Metode seduh sederhana yang di kemudian hari menjadi pilihan utama saya untuk menghasilkan secangkir kopi hitam yang lembut, berkarakter, dan elegan.

Javva Coffee, selain menyediakan kopi berkualitas baik dengan harga yang sangat terjangkau, juga menjual berbagai perlengkapan seduh kopi. Surga kecil bagi orang yang baru mulai belajar mengenai kopi, seperti saya.

Kedai mungil yang bersih dan sunyi, pilihan berbagai kopi dari penjuru Indonesia, dan petugas kedai yang pandai menjelaskan hampir tentang segal hal terkait kopi. Javva Coffee rasanya adalah pilihan yang paling masuk akal sebagai tempat menepi saat kemacetan sore Jakarta menerkam.

2 thoughts on “Kedai Kopi: Javva Coffee”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *