Soul Shaker: A “Fuck You!” Statement from GBS

Berisi sepuluh lagu resmi dan satu bonus track tanpa judul, album teranyar milik Gugun Blues Shelter (GBS) sukses menyuguhkan power blues selama 57 menit lebih sedikit. Dan, ini bagian yang paling menarik, di album ini sedikit banyak mereka menampilkan warna baru dalam musiknya. Jauh lebih nge-rock.

 

Sampul Album "Soul Shaker"
Sampul Album “Soul Shaker”

 

“Born to be Awesome”, untuk ukuran GBS, boleh dibilang memiliki nuansa rock yang sangat kental. Selintas dengar, lagu ini (terutama riff-riff di bagian awal) rasanya bakal cocok jika dibawakan oleh… AC/DC! \m/

Begitu juga dengan “Acid Rain”. Sebuah aransemen yang berderap keras menghentak, lengkap dengan dua bagian solo guitar yang “gak Gugun banget”, hahahaha! Suka!

Di era ketika musik dikebiri pemilik modal dengan berbagai batasan durasi, lirik, dan bahkan nuansa bunyi, sekali lagi, melalui “Soul Shaker” GBS seolah berteriak lantang: “Fuck you! We’re playing songs that suit us best!

Dan saya, tentu saja, ada di kubu mereka.

Badai sayatan gitar sepanjang 8,5 menit menjadi penutup. Di lagu ini Gugun membuat gitarnya mendesah, menangis, hingga menjerit. Sebuah epic closing bagi album yang memuat banyak sekali pernyataan hidup, cita-cita, dan impian musik.

Dibanding “Super Collider”-nya Megadeth dan “Paradise Valley”-nya John Mayer, saya berani bilang bahwa “Soul Shaker”-nya GBS adalah pembelian CD musik saya di tahun 2013 yang lebih memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *