Skip to content Skip to footer

RVM3

Dengan segenap upaya dan kontroversi yang menyertainya, akhirnya Rearview Magz edisi ketiga (RVM3) bisa terbit. Kali ini murni dalam format digital setebal 44 halaman, menggunakan SCOOP sebagai distributor dan, harapannya, juga akan segera tayang di Wayang Force.

 

RVM3 di SCOOP
RVM3 di SCOOP

 

Untuk versi SCOOP, RVM3 dapat dibeli di sini: http://www.getscoop.com/magazines/rearview-magz-ed-03-2013 . Harganya terbilang murah. Cukup Rp.10.000,- saja.

RVM3 kini dapat dibaca di berbagai mobile device mulai dari smartphone hingga tablet, dengan sistem operasi Android maupun iOS. Dan kerennya, jika kamu beli RVM3 dengan terlebih dulu membuat akun SCOOP ID, maka kamu bisa baca RVM3 di 5 device berbeda tanpa perlu beli ulang!

Untuk beli RVM3 edisi SCOOP, metode pembayaran yang diterima adalah: kartu kredit, Paypal, Mandiri Clickpay, Mandiri e-Cash, dan transfer via ATM melalui menu pembayaran telepon/Telkom. Saya sendiri sudah mencoba beli menggunakan iPad dan smartphone Nexus 2 dengan sistem pembayaran menggunakan kartu kredit dan transfer via ATM. Semuanya lancar.

Saya sendiri sebenarnya generasi analog. Saya masih baca buku yang tebal dan membeli CD musik. Namun, sebagai penerbit majalah, saya meyakini bahwa digital literatur adalah masa depan kita semua. Kenapa? Karena ongkos produksinya murah, tidak ada batasan jumlah halaman (karena tidak perlu memikirkan biaya cetak per halaman) distribusinya mudah dan sangat murah, dan pada akhirnya pembeli juga mudah mengaksesnya dan tentu dengan harga yang murah pula.

Di dunia ini, tidak ada yang tetap kecuali perubahan. Begitulah orang-orang pintar berujar. Dan setiap perubahan, lagi-lagi mengutip kata-kata orang pintar, selalu menyakitkan dan memicu pro-kontra.

Kontroversi penerbitan RVM3 dalam format digital ini, tidak bisa dipungkiri, juga melahirkan pro-kontra di tubuh komunitas Pearl Jam Indonesia. Sebagian suka, sebagian benci, dan sebagian lagi tidak peduli. Lumrah.

Masa depan seperti apa pun yang menanti RVM3 dan edisi-edisi digital selanjutnya, saya tidak begitu khawatir. Saya yakin 100% bahwa karya yang dibuat dengan sungguh-sungguh dan jujur, dalam format apa pun karya tersebut disajikan, akhirnya akan sampai pada orang-orang yang mencintainya.

2 Comments

  • Trackback: RVM3 Release Party | wustuk.com
  • draCill
    Posted January 8, 2014 at 4:22 pm

    Walaupun saya belum sempat beli, tapi sempat baca. Semangatnya bagus !
    Semoga edisi selanjutnya lebih brutal dan RK masuk iklan hahahah

Leave a comment