10 Fakta tentang #BukuGrungeLokal

Ini adalah buku pertama saya. Bagi saya, #BukuGrungeLokal rasanya nyaris seperti anak sendiri. Bangga!

Setelah berkutat selama hampir 3 bulan penuh bersama tim yang luar biasa berbakat dan penuh dedikasi, akhirnya #BukuGrungeLokal bisa benar-benar mewujud. Berikut ini adalah 10 fakta tentang #BukuGrungeLokal yang rasanya perlu kamu ketahui:

1. Visi buku

Grunge. Seattle sound. Alternative rock. Buku ini tentang keindahan yang hingar bingar. Sebuah meditasi dalam distorsi. Berada di sana, di tengah gempuran distorsi dan teriakan kebebasan yang membahana, adalah berkah. Bersama pertunjukkan musik rock dalam wujudnya yang paling hakiki, saya tidak hanya menemukan keindahan musik. Saya menemukan diri sendiri…

Secara singkat, itulah visi saya dalam menyusun #BukuGrungeLokal, sekaligus pesan yang terkandung di dalamnya. Jika kamu punya waktu dan koneksi internet lebih, juga jika kamu tidak keberatan memandangi wajah saya selama kurang lebih 3 menit, video singkat ini bisa menjelaskan semuanya:Video #BukuGrungeLokal

2. Dimensi buku

16 x 24 cm (portrait)

3. Sampul buku

Konsep buku, yang beberapa kali diubah karena saya sendiri sejujurnya tidak tahu pasti apa yang ingin saya tampilkan sebagai wajah buku ini, adalah bencana. Beruntung saya bekerja sama dengan Davro (@drawvro) yang sudah pengalaman membuat ilustrasi sampul album Besok Bubar, Dialog Dini Hari, dan berbagai poster konser Pearl Jam Indonesia (PJID). Jadilah sampul yang menggetarkan jiwa ini!

Ya, kamu boleh tidak suka isi buku ini, atau malah benci saya secara pribadi. Tapi, saya berani bertaruh, kamu pasti setuju jika saya katakan bahwa sampul buku ini luar biasa artistik dan personal.

Front and Back Cover Buku Grunge Lokal
Front and Back Cover Buku Grunge Lokal

4. Volume buku

Buku ini hadir dalam dua bentuk: cetak dan digital. Versi cetak setebal 176 halaman, sementara versi digital setebal 232 halaman.

5. ISBN

Sebagai sumbangsih saya kepada database literatur di negara ini, #BukuGrungeLokal mengurus dan kemudian mendapatkan ISBN dari Perpustakaan Nasional: 978-602-14192-1-2

6. Isi buku

#BukuGrungeLokal berisi: foreword (kata pengantar dari Dankie dan Robi Navicula serta Che Cupumanik), ucapan terima kasih dan penjelasan singkat dari saya, catatan gigs grunge lokal sabanyak 120 halaman, catatan album grunge lokal setebal 26 halaman, opini saya terkait grunge lokal setebal 16 halaman, dan puluhan foto-foto.

Untuk versi digital, ada tambahan bonus berupa catatan terkait PJID setebal 56 halaman.

7. Tim penyusun

Saya, tentu saja, sebagai penulis. Rudi (@iduridur) sebagai desainer buku. Davro (@drawvro) yang membuat ilustrasi sampul. Gede Manggala (@gedemanggala) berperan sebagai penerbit melalui Edraflo. Topang (@wowadit) menyiapkan video singkat untuk keperluan promo buku.

Sebagai supporting team, ada Jessy (@babanyakayril) selaku mentor tak resmi saya dalam proyek crowdfunding di Wujudkan.com, dan Denny (@denz2611) serta Ipab (@ipab_neh) yang bertugas jadi tenaga marketing/promo di social media.

8. Pre-order cetak

Setelah nyaris 3 bulan melakukan kampanye omong kosong di social media, akhirnya kamu semua bisa melihat bahwa #BukuGrungeLokal benar-benar mewujud. Bentuk kelahiran perdananya adalah cetak. Dengan sistem pre-order, #BukuGrungeLokal kemudian dicetak dalam jumlah terbatas, dan ternyata langsung sold-out dalam waktu 2 minggu! Pemilik edisi ini, kalian sungguh beruntung!

9. SCOOP dan Wayang

Selanjutnya #BukuGrungeLokal mewujud dalam versi digital. Saat ini sudah tayang di SCOOP: Beli #BukuGrungeLokal di SCOOP

Dalam waktu dekat, menunggu approval dari pemilik platform, #BukuGrungeLokal juga akan tayang di Wayang.

10. Wujudkan.com

Bagian paling mencekam, setidaknya hingga hari ini, adalah proyek crowdfunding untuk mencetak #BukuGrungeLokal (ini berbeda dari kegiatan cetak dari jalur pre-order yang sudah sold-out) melalui platform karya anak negeri bernama Wujudkan.com.

Berapa target dananya? Rp. 20 juta! Kapan harus dipenuhi? 26 November 2014! Berapa yang sudah terdata saat ini? 26% dari total dana yang dibutuhkan!

Jika kamu berkenan, silahkan donasi melalui link ini: Donasi untuk mencetak #BukuGrungeLokal di Wujudkan.com

Nah, setelah semuanya jelas, saya berharap kamu mengerti sepenuhnya, seperti apa sosok #BukuGrungeLokal yang sebenarnya. Kamu beli, baca, suka, atau tidak, itu urusan lain. Keep on rockin’!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *