Solidair: Terbitlah Terang (2012)

Orang boleh bicara bahwa Solidair terdengar terlalu mirip Soundgarden atau barangkali lebih tepat, Audioslave. Tentu saja karena vokal Vic yang memang luar biasa mirip Chris Cornell. Juga sound musik mereka yang kental sekali bernuansa modern rock. Namun bagi saya, extended play (EP) mereka yang berjudul “Terbitlah Terang (2012)” ini memang asyik! Kick ass!

 

 

“Terbitlah Terang”, “Free”, “Special Indonesia”, “Heartbreaker”, dan “Hey Kawan” memberi kita gambaran jelas mengenai kualitas bermusik Solidair. Dijual dengan harga hanya Rp. 15.000, EP ini rasanya lebih dari layak untuk dibeli, dinikmati, dan dikoleksi.

Solidair menghadirkan musik yang keras memberontak dan berani. Jeritan cadas yang sekaligus terasa manis. Seksi.

Di atas semuanya, kualitas tata suara dalam EP ini sungguh ciamik. Sama sekali tidak murahan atau main-main seperti EP dari band indie kebanyakan.

Terdengar lebih santun daripada Navicula dan lebih bertenaga dibanding Cupumanik, dua grup lokal idola mereka, Solidair adalah sesuatu yang patut ditunggu. Jika mereka bisa melatih diri untuk memainkan 15 lagu secara live dengan kekuatan seperti dalam EP ini, rasanya jalan menuju panggung raksasa akan terbuka.

Namun untuk jadi besar, benar-benar besar, mereka tentu saja harus terlebih dulu menemukan dirinya sendiri. Menanggalkan kemiripan-kemiripan yang tidak perlu dan menjadi sesuatu yang sepenuhnya baru.

Jalan itu tentulah gelap dan sulit. Juga tak ada jaminan berhasil. Sekeras apapun usaha yang ditempuh, kegagalan setia mengintai.

Namun, hanya dari yang gelap itulah akan terbit terang…

6 thoughts on “Solidair: Terbitlah Terang (2012)”

  1. Saya cuma mau bilang: ini awal yang mantap! Ayo jaga momentum, terus berkarya, telan semua kritik, cerna dan olah jadi energi yang produktif! Hail Solidair! 🙂

    1. Hahaha, siap! Semoga kalian makin banyak dapat kesempatan konser dgn durasi yg panjang, biar kemampuan live-nya makin keren!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *